Narsis Boleh Gak Yaaaa???


    “Mau lihat photo gw gak yang paling cantik?? mungkin lo semua gak akan bisa ngalahin kecantikan gw”. “sha, kok lo gak pernah pake baju yang bagus sih, liat baju gw donk nih, bagus banget kan..???”
Mungkin petikan adegan diatas adalah salah satu contoh perbuatan yang tidak terlalu positif, karena dapat membuat orang lain tersinggung.
Apa itu narsis..???
Menurut Spencer A Rathus dan Jeffrey S Nevid dalam bukunya, Abnormal Psychology (2000), orang yang narcissistic memandang dirinya dengan cara yang berlebihan. Mereka senang sekali menyombongkan dirinya dan berharap orang lain memberikan pujian.

Nah dari kutipan diatas jelas sekali kan apa itu narsis..???


Narsisme ini paling gampang ditemukan dikehidupan para remaja, mengapa demikian? karena umumnya para remaja memiliki perhatian diri yang lebih daripada kelompok umur lainnya.
Saya sendiri awalnya bingung apa itu narsis, karena beberapa bulan lalu sempat booming kata narsis tersebut dilingkungan sekolah tempat saya bekerja, sampai-sampai setiap tindakan yang diperbuat dapat julukan narsis.
Tanda-tanda narsis
Ada beberapa tanda narsis dari Diagnostics and Statistics Manual, Fourth Edition- Text Revision (2000) yang harus kita waspadai untuk tahu apakah kita mengidap narsis atau tidak.
Orang narsis merasa dirinya sangat penting dan ingin sekali dikenal oleh orang lain karena kelebihannya.
Pengidap narsis juga yakin kalau dirinya unik dan istimewa. Pokoknya tidak ada yang bisa menyamai dirinya.
Gejala lain, mereka selalu ingin dipuji dan diperhatikan. Mereka kurang sensitif terhadap kebutuhan orang lain karena yang ada dalam pikirannya cuma diri sendiri. Ditambah lagi, adanya rasa percaya orang lain itu berpikiran sama dengan dirinya. Orang narsis juga sensitif sekali kalau dikritik. Kritikan kecil bisa berarti sangat besar buat mereka.
Terlepas dari tanda-tanda secara ilmiah tadi, gejala yang paling jelas adalah para narsis suka sekali bercermin! Pokoknya tidak bisa lihat kaca nganggur!
Nah apakah anda termasuk orang yang narsis..???
Referensi :Kompas.Com

0 komentar:

Posting Komentar


ShoutMix chat widget

Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini (Info Blog)